Selamat Datang Di Website Resmi "BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU KABUPATEN KUTAI BARAT"

Disnaker Programkan 4 Prioritas

SENDAWAR - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker)  Kutai Barat melaksanakan  4 program prioritas  tahun 2012. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Disnaker Kubar Paulus Liah  di ruang kerjanya lantai II Disnaker, Senin (9/4).
Paulus mengatakan program  dimaksud  pertama, peningkatan kualitas dan produktivitas Tenaga Kerja seperti Diklat keterampilan bagi pencari kerja yakni Peletihan Mekanik Alat Berat, Diklat Sablon dan Spanduk, dan Pembinaan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Swasta. Kedua,  Peningkatan Kesempatan Kerja terdiri dari penyebarluasan informasi Bursa Tenaga Kerja/IPK,Pendataan Tenaga Kerja Asing.
Kemudian program Perlindungan dan Pengembangan Lembaga Ketenagakerjaan seperti fasilitasi penyelesaian prosedur, perselisihan hubungan industrial dan Sosialisasi berbagai peraturan pelaksanaan tentang penyelesaian,
Selain itu juga pemberdayaan Dewan Pengupahan Daerah, serta memfasilitasi pembentukan Lembaga Kerja Sama (LKS) Bipartit, Pendataan Perjanjian Kerja Peraturan Perusahaan (PK. PP) dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Adapun peran LKS Bipartite mempunyai tugas memberikan saran, perimbangan dan pendapat untuk memecahkan masalah dan penyusunan kebijakan ketenagakerjaan.
Menurut Paulus, program selanjutnya adalah perlindungan dan pengawasan norma ketenagakerjaan terdiri dari pengawasan norma kerja pada perusahaan, Penyelesaian kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, Pengadaan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja dan pendataan wajib lapor ketenagakerjaan."Keyakinan ini sangat beralasan karena program tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun kemarin, bahkan ada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang tergolong dalam usia produktif,”ujarnya.
 Disnaker  yang  dipimpin Mustam Komo SW dan membawahi 3 (tiga) bidang yakni Pengembangan Tenaga Kerja, Bidang Hubungan Industrial dan Syarat-sayarat Kerja, serta Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan. (hms12/ss)

 


Tags :

Kategori : Berita Kutai Barat

Berita Terkait :

Beri komentar anda :